Daftar Tanggung Jawabku

Aku adalah aku, aku adalah manusia, aku adalah bagian dari sesuatu yang memiliki tanggung jawab sebagai berikut :

1. Aku bertanggung jawab untuk dan atas kehidupanku, nafas berharga yang diberikan Tuhan Sang Pencipta.
Yang berarti aku tidak boleh menyia-nyiakan hidupku untuk hal-hal yang dapat membuatku kehilangan kesempatan hidup ini. Dan yang juga berarti, aku harus menghargai dan mensyukuri bagaimana adanya kehidupanku karena hidupku adalah karya tak ternilai yang diciptakan dan dianugerahkan Tuhan dengan penuh kasih sayang.

2. Aku bertanggung jawab untuk dan atas hubunganku dengan Tuhan, Kekasih hatiku.
Yang berarti aku tidak boleh menyia – nyiakan setiap kesempatanku untuk berbicara dengan Tuhan dan menjalin hubungan dekat yang paling dekat denganNya dalam berbagai cara – doa, pujian, pelayanan, ibadah dan hubunganku dengan sesama. Dan dengan berhubungan dekat dengan Tuhan, setidaknya kita pun dapat mengetahui bahwa Tuhan mengasihi, mencintai dan merindukan kita lebih dari yang lainnya.

3. Aku bertanggung jawab untuk dan atas hubunganku dengan sesama, dalam status apa pun itu sebagai anugerah.
Yang berarti kehidupanku bukan hanya tentang aku. Jadi aku tidak dapat tidak berhubungan dengan orang lain karena hubunganku dengan sesama, sepenting apa pun itu atau setidak penting apa pun itu merupakan anugerah dari Tuhan agar hidupku tidak dipenuhi kesombongan dan keegoisan dan kesendirian. Dan aku pun bertanggung jawab untuk tidak membuat rusak hubunganku dengan sesama, dengan cara memperdulikan, menerima, menghargai, menghormati, mengasihi, memberi, menjaga, mengakui dan mencintai didalam kebenaran dan takut akan Tuhan.

4. Aku bertanggung jawab atas masa mudaku.
Yang berarti akulah yang harus bertanggung jawab atas diriku dan apa yang aku lakukan di masa mudaku, bukan orangtuaku atau bukan pihak yang berwajib. Aku memiliki tanggung jawab atas kedua mataku untuk tidak melihat yang bukan bagianku di umurku, atas mulutku untuk tidak menyakiti dan membunuh siapapun, atas kekuatanku untuk bertindak dan digunakan secara benar, atas keinginanku untuk terus berkeinginan menerangi siapa pun terutama diriku sendiri tetapi tidak berkeinginan untuk ambil bagian dalam kegelapan, atas semangatku untuk terus menjaga apinya agar tetap membara, atas waktuku untuk tidak dipacu waktu tetapi memacu waktu disaat yang tepat, atas kebahagiaanku untuk dapat menikmatinya sesering mungkin dan membaginya kepada siapapun, atas pikiranku untuk tidak berpikir yang tidak perlu tetapi berpikir sesuai dengan hati nurani secara benar dan sederhana, atas mimpi-mimpiku untuk memperluas duniaku dan mempersempit visi misiku tetapi tidak dikendalikan oleh mimpi, atas emosiku untuk berlaku yang benar diwaktu dan tempat yang tepat dan aku bertanggung jawab atas cinta untuk menikmatinya dengan sepuas-puasnya sebagai harta yang berharga dari Tuhan Sang Pengasih.

5. Aku bertanggung jawab atas alam, sebagai wujud nyata cinta Tuhan kepadaku.
Yang berarti aku harus menikmati dengan bijaksana tanpa lupa untuk merawat, mempergunakan tanpa menyakiti, dan kalaupun menyakiti tetapi tidak lupa untuk mengobati dan mengindahkan karena mengingat kebaikan – kebaikan alam terhadapku yang hidup dan tumbuh didalam alam. Dan atas dasar kepercayaan, apabila aku mengindahkan alam maka Tuhan pun akan membiarkan alam untuk mengindahkan kita.

Tuhan memberkati.

Leave a Reply

