Pekan NAIDOC – Bukti Konkrit Persatuan dan Kebersamaan

Pekan NAIDOC (Komite Nasional Hari Aborijin dan Kepulauan) merupakan suatu perayaan untuk merayakan kebudayaan
penduduk asli Australia – suku Aborijin. Perayaan ini diadakan pada bulan Juli setiap tahunnya, sebagai cara untuk mempromosikan pemahaman
yang lebih luas mengenai masyarakat dan kebudayaan Aborijin serta Kepulauan Selat Torres dan juga untuk merayakan bertahannya kebudayaan penduduk Aborijin sebagai penduduk asli Australia dan kontribusi mereka bagi Australia Modern.

Pekan NAIDOC juga dirayakan sebagai peringatan permintaan maaf resmi yang bersejarah dari Perdana Menteri Australia Kevin Rudd kepada seluruh penduduk Aborijin pada tahun 2008 lalu, karena tindakan diskriminasi terhadap penduduk asli – suku Aborijin – di tahun-tahun
sebelumnya.
Permintaan maaf tersebut ditujukan khususnya kepada mereka yang pada masa kanak-kanak dipindahkan paksa dari keluarga mereka dengan berdasarkan peraturan dan kebijakan pemerintah sebelumnya.
Mereka yang dipindahkan paksa dari keluarga mereka dikenal sebagai “Generasi Yang Hilang”.
Dan pada kenyataannya permintaan maaf tersebut adalah sebuah tindakan rekonsiliasi dan penyembuhan batin nasional Australia yang sangat kuat.
Permintaan maaf ini telah menjadikan terbangunnya rasa saling percaya dan niat baik dalam setiap pribadi penduduk Australia oleh karena itu pemerintah Australia berkomitmen untuk mendirikan sebuah pertalian dan kemitraan yang sejati dan kontinu
dengan penduduk Aborijin.


Dalam pekan NAIDOC ini juga biasanya diadakan Festival kebudayaan penduduk asli Australia dengan penayangan film dokumentasi penduduk Aborijin yang telah memenangkan penghargaan dan pameran seni kontemporer Aborijin.
Dengan perayaan ini, jelas terlihat tiadanya lagi diskriminasi terhadap penduduk suku Aborijin yang pada hakekatnya berhak mendapatkan kesamaan hak dan kewajiban sebagai WARGA NEGARA AUSTRALIA.

Adakah perayaan yang bertipe dan bertujuan sama seperti pekan NAIDOC ini di Indonesia??šŸ™‚

Dikutip dari http://www.naidoc.org.au/about/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s